Ketika akan memilih cabai jangan tertipu dengan warnanya saja. Walaupun mempunyai warna merah, tetapi juga ada jenis cabai merah yang digunakan sebagai penghias saja karena tidak memberikan rasa pedas untuk makanan yang diberikan warna tersebut. Selain itu apabila dikeluarkan bijinya juga membuat cabe tersebut tidak lagi pedas. Oleh karena itulah pastikan untuk mengetahui jenis cabai merah yang pedas untuk dibuat menjadi bumbu masak makanan yang pedas. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk membeli cabe merah yang tidak hanya segar tetapi juga pedas adalah:

Warna dan Tekstur

Cara pertama yang dapat digunakan untuk memilih cabai merah adalah dari warnanya dan teksturnya. Cabai merah segar yang mempunyai kualitas tentunya masih mempunyai warna merah yang segar. Sehingga hal tersebut akan mudah untuk dikenali ketika akan membelinya. Warna merah cabai segar tentunya masih menyala dan menarik untuk digunakan sebagai bumbu masak. Selain warnanya, tekstur cabai juga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih cabai yang segar. Pilih cabe yang mempunyai tekstur halus dan juga tidak keriput. Karena tekstur yang keriput menandakan cabai sudah lama dan akan lebih cepat kering sehingga tidak bisa digunakan.

Bentuk Cabe

Pertimbangan mudah untuk memilih cabai merah yang segar adalah dengan memperhatikan bentuknya. Untuk cabai merah pilih yang mempunyai bentuk yang besar dibandingkan yang kecil. Selain itu pilih yang mempunyai bentuk lurus dibandingkan yang melengkung. Hal tersebut karena apabila bentuk cabe melengkung aka mempunyai cita rasa yang kurang pedas. Sehingga bagi yang mencari cabai yang tidak hanya segar tetapi juga pedas pilih yang ukurannya besar dan lurus. Hal ini akan bisa dipilih ketika akan membeli cabai sendiri di tempat seperti swalayan, pasar, maupun di tukang sayur.

Daging dan Batang Cabai

Tips selanjutnya untuk memilih cabai yang segar adalah dari daging cabai tersebut. Untuk daging cabai pilih yang terasa lebih empuk ketika dipegang. Hal tersebut karena cabai yang mempunyai daging empuk menunjukkan yang masih segar. Sedangkan yang sudah lama tentunya mempunyai tampilan keriput dan seperti kopong. Sehingga hal tersebut perlu dihindari bagi yang ingin memilih cabai yang masih segar. Untuk cabai rasa pedas sendiri bisa dipilih dari kulit cabai yang lebih tebal. Apabila memilih cabai segar dan pedas juga bisa dipilih dari batangnya yaitu yang mempunyai tekstur keras dan kokoh. Pilih batang cabai yang tidak mudah dipotek dan mempunyai warna kehijauan.

Aroma Cabe

Tips terakhir untuk memilih cabe merah yang segar dan juga dapat memberikan rasa pedas ketika digunakan untuk memasak adalah dari aromanya. Ketika membeli cabai secara langsung sebaiknya cium aroma cabai tersebut terlebih dahulu. Untuk cabai yang pedas akan mempunyai aroma yang dapat dikenali. Cabai yang segar juga akan mempunyai tingkat kepedasan yang lebih tinggi. Oleh karena itulah pilih cabai merah yang masih segar sehingga bisa memberikan tingkat kepedasan yang diinginkan.

Di atas merupakan langkah untuk memilih cabai yang masih segar dan memberikan rasa pedas ketika memasak. Akan tetapi cara tersebut bisa dilakukan ketika membelinya secara langsung. Sedangkan bagi yang membeli online seperti di TaniHub tentunya sudah untuk mempraktekkan pembelian dengan cara tersebut. Tetapi hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena TaniHub menawarkan jaminan cabai yang dijual di tempt ini adalah bahan yang segar. Anda juga bisa menukarkan cabai yang diterima apabila sudah tidak segar, karena kepuasan pelanggan adalah nomor satu ketika membeli di TaniHub.